Penerimaan Siswa Baru, Silahkan daftarkan putra/putri anda DI MA, MTs, Pesantren, dan atau Panti Asuhan Kami. Segera !!!

MEMBACA UNWANUL MAJD

Oleh: KH. Ahmad Halimy, SE., M.Pd.I.
 
Kitab Unwanul Majd fi Tarikh Najd (Lambang Keagungan tentang Sejarah Najd) adalah sebuah kitab tentang sejarah wilayah Najd di masa bermulanya da’wah Syaikh Muhammad ibn Abdil Wahhab (1703 – 1789 M) dan sesudahnya. Kitab ini ditulis sejarahwan Wahhabi Syaikh Utsman bin Abdullah bin Bisyr an Najdi al Hanbali. Cetakan yang saya baca pdf nya dicetak oleh Percetakan Raja Abdul Aziz di Riyadl pada tahun 1982, ditahqiq atau diedit oleh Abdurrohman ibn Abdil Lathif ibn Abdillah Alus Syaikh. .
Penulisnya disebut dengan nama an Najdi al Hanbali (berasal dari wilayah Najd bermadzhab Hanbali). Dari sini disimpulkan penulis kitab ini memiliki madzhab yaitu madzhab Hanbali. Hal ini menunjukkan paling sedikit 2 hal :
Pertama. Pengikut gerakan wahhabi kebanyakan bermadzhab Hanbali, sebagaimana panutan utama mereka Ibn Taimiyah tergolong Hanabilah, lepas dari beberapa pendapat beliau yang bertentangan dengan pandangan jumhur Hanabilah. Maka ajakan tidak bermadzhab dan tuduhan bahwa bermadzhab menyebabkan ta’asshub (fanatisme)seperti yang disampaikan Syaikh al Albani adalah ajakan yang muncul belakangan, dan itu bertentangan dengan pendiri gerakan wahhabi awal.
Kedua. Mempelajari pola pemikiran gerakan wahhabi harus mempelajari pandangan Hanabilah dalam berbagai hal, terutama dalam hal yang terkait isu isu kontroversial yang dimunculkan gerakan wahhabi seperti : ziarah kubur wali, tawassul, tabarruk, peringatan maulid Nabi, pemahaman tentang bid’ah dan terkait masalah ta’wil dan tajsim yang sangat kontroversial. Hal ini penting untuk menunjukkan sejauh manhaj wahhabi mewakili manhaj Hanabilah khususnya, dan manhaj ulama’ kaum muslimin pada umumnya.
Dalam pengantarnya editor menyebut kitab ini sebagai
“referensi tanpa tanding (al mashdar al wahid) terhadap sejarah Najd sejak masa kemunculan da’wah Syaikh Muhammad ibn Abdil Wahhab hingga 15 tahun sebelum wafatnya Imam Faishol bin Turki bin Abdullah bin Muhammad ibn Saud, yakni sejak tahun 1158 H hingga 1267 H. Keistemewaan kitab ini adalah karena ia menjelaskan sejarah kemunculan da’wah salafiyyah dan peperangan yang terjadi antara da’wah tauhid salaf yang dipimpin raja raja keluarga Saud dengan musuh da’wah”.
Ini menunjukkan bahwa da'wah wahhabiyah diakui disebarkan dengan peperangan dan pertempuran melawan kaum muslimin pada awalnya. Di halaman 45 - 46 Syaikh Utsman menulis pada kejadian tahun 1157 H.
"Kemudian Syaikh memerintahkan berjihad melawan orang orang yang memusuhi dan menghina ahli tauhid. Syaikh mendorong pengikutnya berjihad, maka mereka melaksanakannya ..."
Pada catatan kaki editornya menulis :
"Benar. Syaikh memerintahkan jihad sebagai pelaksanaan perintah Allah SWT
وقاتلوهم حتى لا تكون فتنة ويكون الدين كله لله
Dan perangilah mereka sampai tak ada fitnah (kesyirikan) dan agama seluruhnya menjadi milik Allah"
Ayat ini sebenarnya diturunkan untuk memerangi kafir Quraisy yang memerangi dan mengusir kaum muslimin dari Makkah. Namun oleh syaikh dipahami untuk memerangi kaum muslimin yang suka berziarah kubur sholihin atau melakukan hal hal yang menurut syaikh Ibn Abdil Wahhab adalah kesyirikan.
Kitab Unwanul Majd kemudian menyebutkan nama nama pertempuran antara kelompok pengikut syaikh (wahhabi) dengan kaum muslimin yang menurut mereka memusuhi ahlut tauhid, antara lain : Perang asy Syabab, Perang al Abid, Perang Dalfah, Perang al Bunyah, Perang al Khorizah dan sebagainya.
Kitab ini ditulis orang dalam. Pola da'wah syaikh Muhammad ibn Abdil Wahhab tergambar di sini. Kesimpulannya terserah Anda.
walLahu a'lam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMBACA UNWANUL MAJD"

Posting Komentar