Penerimaan Siswa Baru, Silahkan daftarkan putra/putri anda DI MA, MTs, Pesantren, dan atau Panti Asuhan Kami. Segera !!!

Life Skill: Membatik dan Membuat Tas dari Bahan Bekas

Pendidikan dengan tujuan mencerdaskan bangsa dapat dilihat dari berbagai aspek. Tidak semata aspek kognitif yang harus dilihat melainkan, aspek lainnya yang harus dieksplorasi. Lembaga pendidikan dengan salah satu tugasnya mengeksplorasi dan mengembangkan kecerdasan yang beraneka ragam (multiple intelligent) dari peserta, semestinya telah mempersiapkan RKTM (baca: program kerja) baik tentatif ataupun regular pada setiap aspek kecerdasan yang ada.
Kegiatan pembelajaran reguler harian, ekstra kurikuler, kegiatan tengah semester, peringatan hari besar, dan beberapa kegiatan lain, secara subtantif diarahkan untuk mengasah multiple intelegent yang dimiliki dari setiap anak didik. Salah satunya, kegiatan pelatihan keterampilan (life skill) membatik dan membuat tas dari bahan bekas botol minuman berbahan plastik.
Pelatihan keterampilan membatik dan membuat tas dari bahan bekas yang dilaksanakan di MTs Raudhatut Thalibin Kolor Kabupaten Sumenep diikuti dengan antusias oleh siswanya. Kegiatan dilaksanakan pada pertengahan Desember 2016 pasca ujian akhir semester ganjil, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan akhir semester. Peserta berjumlah 100 siswa terbagi atas dua kelompok; Pertama, siswa putra menjadi peserta untuk pelatihan membatik. Kedua, siswa putri mengikuti pelatihan membuat tas dari bahan bekas gelas plastik.
Kegiatan pelatihan life skill tersebut bertujuan agar:
1. Siswa dapat mengembangkan bakat yang dimiliki
2. Siswa dapat mencintai lingkungan dengan memanfaatkan sampah bukan membiarkannya mencemari lingkungan.
3. Siswa dapat memperoleh bekal keterampilan untuk terjun dimasyarakat.
Dari tujuan dan pelaksanaan kegiatan diperoleh beberapa catatan penting:
1. Pelatihan life skill sangat penting dan diingini oleh siswa, karena antusiasme dan serapan yang diperoleh lebih cepat daripada kegiatan pembelajaran reguler.
2. Sifatnya yang focus dan dapat ditemui langsung dalam kehidupan sehari-hari menjadikan pelatihan life skill cepat dan terukur capaiannya.
3. Perencanaan yang matang dan ketepatan pemilihan materi pelatihan menetukan kesuksesan kegiatan.
Semoga kegiatan tersebut akan memberikan manfaat dan barokah terkhusus bagi siswa kami telah mengikuti pelatihan dalam menyongsong masa depan yang lebih cerah.
x
x

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Life Skill: Membatik dan Membuat Tas dari Bahan Bekas"

Posting Komentar