Penerimaan Siswa Baru, Silahkan daftarkan putra/putri anda DI MA, MTs, Pesantren, dan atau Panti Asuhan Kami. Segera !!!

Pancasila dalam Keseharian menjadi Pesan dalam Upacara HUT RI MTs MA Raudhatut Thalibin 2018

Bertempat di halaman Sekolah, siswa dan guru MTs MA Raudhatut Thalibin tampak hikmat mengikuti upacara memperingati hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia yang ke 73. Yang bertindak sebagai pembina upacara Peringatan HUT RI yang dilaksanakan bertepatan dengan hari jumat 17 agustus 2018 adalah ketua Yayasan Raudhatut Thalibin dengan petugas upacara dari pemimpin, paduan suara  dan petugas lainnya berasal dari OSIS MTs MA Raudhatut Thalibin.

Ketua yayasan KH. Ahmad Halimy, SE., M.Pd.I selaku Pembina upacara menyinggung filosofi merah putih bendera Indonesia dan sedikit sejarah kemerdekaan dan keterlibatan tokoh ulama’ khususnya resolusi jihad. Peran penting ulama’ digaris bawahi pada pernyataan KH. Hasyim Asy’ari yang memberikan maklumat jihad bagi umat muslim Indonesia dalam merebut kemerdekaan RI yang kita rasakan sampai hari ini.


Tidak hanya KH. Hasyim bahkan dari keluarga besar Jombang berpesan untuk terus menanamkan nilai-nilai pancasila yang didalamnya merupakan aplikasi nyata nilai-nilai keislaman; sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa diaplikasikan pada membangun hablum minallah (hubungan dengan tuhan) yang baik. Sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab  diaplikasikan bertindak / berperilaku dengan adil dan sopan santun. Sila ketiga, persatuan Indonesia diaplikasikan tetap rukun dalam perbedaan dan hindari pertengkaran. Sila keempat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, dalam permusyawaratan perwakilan diaplikasikan dalam bentuk musyawarah setiap masalah dan tidak mudah terprovokasi hoax. Dan sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia diaplikasikan dalam bentuk banyak sedekah.


Upacara yang ditutup pembacaan doa ini begitu berkesan bagi siswa. Kesan dirasakan karena dalam pelaksanaan upacara diisi dengan pemberian penghargaan bagi siswa yang telah menjadi juara pertama KSM tingkat kebupaten dan beberapa hadiah lain atas perlombaan dalam memperingati HUT RI yang dilaksanakan di MTs MA Raudhatut Thalibin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pancasila dalam Keseharian menjadi Pesan dalam Upacara HUT RI MTs MA Raudhatut Thalibin 2018"

Posting Komentar