Penerimaan Siswa Baru, Silahkan daftarkan putra/putri anda DI MA, MTs, Pesantren, dan atau Panti Asuhan Kami. Segera !!!

Hari Jadi Kabupaten Sumenep: Histori dan Pemetaan Ekologis


Selasa, 31 Oktober 2018 Siswa dan Guru MTs MA Raudhatut Thalibin memperingati hari lahir Kabupaten Sumenep dengan upacara. Meski harus mencari tempat lainuntuk upacara karena kondisi halaman dan sekolah dalam proses pembangunan, tetapi antusiasme dalam merefleksikan sejarah tanah kelahiran tetap penuh semangat. Bertempat di halaman Ponpes Raudhatut Thalibin kegiatan upacara dengan berbahasa Madura berlangsung khidmat. Bertindak sebagai Pembina Upacara Bapak Amir Syarifuddin dengan petugas upacara OSIS MTs MA Raudhatut Thalibin.

Dalam penjelasan singkatnya, Pembina upacara menyebutkan “sumenep ka’dinto lahir tahun 1269 M tor aobe pamarentaan se epimpin bupati sajekkeh sekitar taon 1929” (Sumenep itu lahir tahun 1269 M dan berubah pemerintahaan yang dipimpin bupati sejak tahun 1929). Sehingga kalau dikalkulasi Kabupaten Sumenep  sudah masuk Usia ke 749, bukan kabupaten yang belia. Perubahan seperti tersebut perlu kita ketahui sebagai bagian dari merefleksikan dan mengenal identitas diri.
Pesan lain yang dipetik dalam pembinaan upacara adalah langkag-langkah menyesuiakan diri dengan daerah baru atau daerah kelahiran. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
1. Ketahui sejarah daerah; dengan pengetahuan ini akan mudah kita beradaptasi dan mengenali karakteristik masyarakat.
2. Ketahui kondisi ekologisnya; pemahaman kondisi alam dan potensinya akan memudahkan kita untuk mencari peluang bisnis dan peluang lain, bisa juga adaptasi cuaca dll
3. Penggabungan dua hal, sejarah dan ekologi untuk menentukan rancangan masa depan yang lebih baik.
Ditutup dengan sebuah pepatah “dimana bumi dipijak disanalah langit dijunjung”


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Jadi Kabupaten Sumenep: Histori dan Pemetaan Ekologis"

Posting Komentar