Penerimaan Siswa Baru, Silahkan daftarkan putra/putri anda DI MA, MTs, Pesantren, dan atau Panti Asuhan Kami. Segera !!!

ANTARA SIFAT MA'ANI DAN SIFAT KHOBARI

Oleh: KH. Ahmad Halimy., SE.,M.Pd.I

Sifat ma'ani adalah sifat yang berupa ma'na atau kualitas. Mendengar, melihat, mengetahui, ini semua adalah sifat ma'ani. Sifat sifat ini memiliki gradasi, tingkatan dan perbedaan dalam kualitasnya. Mudahnya, sifat sifat ini bisa diberi imbuhan lebih, kurang atau maha. Allah Maha Mendengar, anjing lebih tajam pendengarannya dibanding manusia, manusia kurang tajam pendengarannya dibanding anjing, dan lain sebagainya. Ini sifatnya muhkam, jelas sekali. Tak antropomorfis.

Adapun sifat khobari adalah sifat yang sampai kepada kita melalui nash, teks Al Qur'an atau hadits dalam hal ini. Nash semacam ini disebut sebagai Nash mustasyabih, maknanya samar, antropomorfis. Sifat seperti yad yang diterjemah tangan, 'ayn yang diterjemah mata dan sebagainya termasuk kelompok ini. Sifat ini tak bisa diberi imbuhan kurang, lebih ataupun maha. Tidak logis dan tak bisa dipahami. Tak ada qodr musytarok atau kadar yang bisa dibagi dalam anggota tubuh bernama tangan, mata dan sebagainya, karena memang tak ada gradasi dalam kata tersebut. Tak bisa kita katakan kurang tangan, lebih tangan atau maha tangan.

Syaikh Ibn Taimiyah tak membedakan dua sifat ini, padahal perbedaannya jelas sekali. Kesalahan Ibn Taimiyah dalam masalah ini dibahas dengan baik oleh Syaikh Abu Zahroh dalam kitab biografi Ibn Taimiyah yang beliau tulis. Untuk diingat, Syaikh Abu Zahroh ini sangat mengagumi Ibn Taimiyah. Mereka yang membaca kitab beliau akan merasakan hal ini.

Wallahu a'lam

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ANTARA SIFAT MA'ANI DAN SIFAT KHOBARI"

Posting Komentar