Penerimaan Siswa Baru, Silahkan daftarkan putra/putri anda DI MA, MTs, Pesantren, dan atau Panti Asuhan Kami. Segera !!!

SALAFI MENURUT HADLROTUS SYAIKH KIAI HASYIM ASY'ARI

 Oleh : KH. Ahmad Halimy, SE., M.Pd.I

    Dalam Risalah Ahlissunnah wal Jama'ah, Hadlrotus Syaikh Hasyim Asy'ari menyebutkan beberapa karakter salafiyyun (orang orang salafi). Beliau menulis :

فمنهم سلفيون قاءمون على ما عليه اسلافهم من التمذهب بالمذهب المعين والتمسك بالكتب المعتبرة المتداولة ومحبة اهل البيت والاولياء والصالحين والتبرك بهم أحياء وامواتا وتلقين الميث والصدقة عنه واعتقاد الشفاعة ونفع الدعاء والتوسل وغير ذلك

    Di antara masyarakat muslim ada kelompok salafiyyun (para salafi) yang mengikuti apa yang dilakukan para salaf, yaitu :

1. tamadzhub (bermadzhab) dengan madzhab tertentu,

2. memegangi kitab kitab mu'tabar (diakui para ulama'),

3. mencintai ahlil bait, para wali dan orang sholih,

4. bertabarruk dengan mereka (ahlul bait, auliya' dan sholihin), baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal dunia,

5. ziarah kubur,

6. menalqin mayyit,

7. bersedekah untuk mayyit,

8. meyakini syafaat,

9. meyakini bahwa berdoa serta bertawassul itu bermanfaat, dan hal hal selain itu."

Kutipan ini menunjukkan bahwa istilah salafi dipakai Hadlrotus Syaikh Muhammad Hasyim Asy'ari untuk mengidentifikasi kelompok as sawadul a'dhom dari kaum muslimin.

Karakteristik mereka adalah apa yang menjadi pemahaman mayoritas ulama' dari generasi ke generasi. Bukan hanya di Indonesia, tapi bahkan di seluruh dunia. Di Al Azhar Mesir, di Zaitunah Tunisia, di Syam, di Maroko, bahkan di Makkah dan Madinah sekalipun.

Hadlrotus Syaikh Muhammad Hasyim Asy'ari wafat di tahun 1947. Ini menunjukkan bahwa istilah salafi dulu tak identik dengan wahhabi. Wahhabi generasi awal dalam literatur sejarah biasa menyebut diri mereka muwahhidun, atau bahkan muslimun (seakan akan kelompok non wahhabi adalah bukan muslimin).

Perlu ditelusuri sejak kapan brand salafi dipakai oleh Wahhabiyyun (para pengikut Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, dalam definisi Syaikh Bin Baz sendiri). Dugaan saya baru pasca 1950an brand ini diklaim oleh kelompok Wahhabi.

Salafi sendiri bermakna pengikut salaf. Menurut Hadlrotus Syaikh Muhammad Hasyim Asy'ari hal hal di atas adalah karakteristik pengikut salaf. In syaalLah akan kita jelaskan masing masing karakter tersebut dan prakteknya sejak masa salaf.

WalLahu a'lam

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SALAFI MENURUT HADLROTUS SYAIKH KIAI HASYIM ASY'ARI"

Posting Komentar